Laskar Pelangi

28.9.08

Yeah, akhirnya gw nonton juga... Dan beruntunglah, nyak gw udah mesenin tiket dari jam 3, padahal mau nontonnya masih jam 7... I love you mom! (hugs)

Yah, karena gw udah baca novelnya ratusan kali (lebay kat) gw udah tau ceritanya, dan gw nggak bisa nggak nutup mulut untuk kasih tau keluarga gw yang sama sekali clueless itu tentang ceritanyaa... Akhirnya setelah hanya 10 menit gw disuruh diem, ato nggak popcorn gw mo diambil dikasih ke bokap gw (hiks, movies without popcorn is just sad and pathetic...) ya udahlah gw nonton dengan kalem sambil megangin popcorn erat2.

Hmm, menurut gw sih, bagusan novelnya, lebih detail dan kerasa gitu feeling mereka. Klo di film kayaknya buru2 banget dan nggak rapih nge shoot nya. Takut waktu buat film nya nggak cukup kali ya? Yah, pokoknya semuanya disingkatin, scene nya banyak berubah2 dan jumlah karakternya diminimaliskan. Kayak waktu kemunculan Bonega kan harusnya punya scene sendiri, lengkap dengan flashback nya Ikal, nah ini, digabungin ma Lomba Cerdas Cermat nya Lintang. Trus scene waktu parade tujuh belasan, harusnya ada sekitar 200 orang yang nabuh tabla dan main jadi prajurit, di film cuma kedelapan orang itu aja yang ikut (Sahara ma Harun nggak). Plus adegan waktu Ikal dan kawan2 nyeburin diri ke air kangkung juga diilangin (dan keluarga gw sempat nggak tau klo kalung yang mreka pake itu ada getah gatelnya).

Ada beberapa perubahan yang gw sama sekali nggak tau. Perubahan2 itu nggak ada di buku, jadi gw jg rada heran. Pertama, Pak Harfan meninggal di sekolah. Kedua, Bu Mus disukain ma guru PN Timah. Ketiga, ada karakter baru yan ikut ngajar Laskar Pelangi, namanya Pak Bakhri. Seingat gw, nggak ada hal2 begituan di buku. Jadinya sama kayak Narnia: Prince Caspian - dimodifikasi jadi lebih kefilm2an.

Tapi, gw mesti salut buat yang meranin Laskar Pelangi. Semuanya seperti dalam bayangan gw (walaupun kayaknya Mahar lebih ngocol mukanya), dan karakter2nya bisa "hidup". Tapi mungkin waktu baca bukunya gw lebay kali ya? Waktu dijelasin tentang Sekolah PN Timah, gw ngebayangin sekolah kayak Madania gituuu (kan buta orang kayaa hwehee) tapi ternyata cuma sekolah negeri toh? Terus gw juga bayangin A Ling sama Flo bakal lebih cantik. Dan Sahara lebih "keras" dan Bu Mus lebih lembut (btw harusnya kan dua2nya pake jilbab dari awal, tp d film cuma stengah2 doang)... Tapi sayang, yang ditonjolin cuma Mahar, Lintang, sama Ikal doang - yang lain nggak kedapetan adegan. Kucai cuma dapet adegan dimana ia nggak mau jadi ketua kelas, dan pemilihannya pun dihilangin. Borek/Samson cuma dapet scene "nguras toketnya Ikal"... Syahdan malah cuma ngeboncengin Ikal doang. Sahara cuma dapet 4-5 dialog, A Kiong cuma ngenalin A Ling, Harun cuma buat lucu2an doang, dan Trapani... Ah, kan harusnya Trapani yang paling ganteng, tapi gw nggak ngeliat dia akting sama sekali! Cih, sebel!

Trus akhir2nya, pas Ikal balik lagi ke kampung, gw udah siap2 nangis, karena di buku dia ngeliat si Lintang dalam keadaan payah dan Pathetic. Eh taunya di film malah dia nya fine2 aja... Haha, cukup awkward juga sih, tapi gpp lah, kesian juga si Lintang, udah hampir dimakan buaya, nggak bisa sekolah, trus nggak ada masa dpn lagi... Hahaa... Beruntung deh lo di film! Tapi pas ending2nya gw berharap masa depan para Laskar Pelangi ditunjukkin, tapi nggak ada... Padahal gw mo liat Trapani di rumah sakit jiwa, Sahara ma A Kiong nikah, Syahdan ma Mahar buat buku, dll...

Gw udah banyak ngekritik bacot tapi pujiannya dikit banget ya? Eh tapi despite all the things I said in the last paragraphs, this movie is DEFINITELY WORTH TO WATCH!!!

Poin plus2:
1. Sutradaranya Riri Riza (katanya sih kerjanya bagus)
2. Yang jadi Ikal imut
3. Adegan Lintang keluar sekolah bener2 buat nangis
4. Banyak kekocakan khas anak2
5. Buayanya beneran!
6. Pemandangannya bagus
7. Banyak artis2 top
8. dll

6 thoughts:

Sasha//Natasha said...

gue link ya

ktsh said...

yoi

ktsh said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Bodenga, Kat, bukan Bonega. Katanya udah hafal...

ktsh said...

ash, gw salah ketik, wong jarinya hotdog kok hahaa

ktsh said...

ash, gw salah ketik, wong jarinya hotdog kok hahaa